Welcome to my blog

Minggu, 19 Oktober 2008

Asia Pasific Regional Meeting-International federation of Medical Students Association 2007

Asian Pasific Regional Meeting 2007
Osaka Japan
International Federation Medical Student Association

Ditulis oleh bang Ali (Universitas Yarsi)

(Saya: Bang Ali), dan Aq juga bagian dari delegasi ISMKI dalam acara ini.

17 Maret 2007

Saya bersama burhan dari Undip(kebetulan dia menginap di tempat saya).Dan juga bertemu Putri dari UMJ.
Maka kami berangkat pukul 18.20 dari bandara Sukarno Hatta menggunakan Malaysia Airlines menuju Kuala Lumpur International Airport untuk transit ganti pesawat.
Kami sampai di Kuala lumpur pukul 21.30 waktu setempat.
Lalu disana kami bertemu Retha UI yg berangkat dr jakarta dg penerbangan setelah kami.
Menurut Retha, opi dari USU jg sudah berada di Kuala Lumpur,tp kami sampai tiba giliran naik pesawat selanjutnya,tidak bertemu dengan opi.
Maka pukul 23.55 kami berangkat dengan menggunakan pesawat Malaysia Airlines boing 767.. menuju Kansai International Airport,Osaka Jepang.
Perjalanan memakan waktu kurang lebih 5 jam

18 maret

Berada di dalam pesawat boing 767..mengingatkan kenanganku akan kepergian ke eropa piala dunia 2006 yg lalu..
Sesampainya kami di Kansai Airport,Osaka..pukul 07.00 pagi..
Kami mengurus imigrasi dan bagasi..
Setelah itu kami berempat keluar,dan bertemu Opi dari USU....
Dan kami bertemu penjemput kami,Takuya,masashi juga eri...
Takuya mengatakan bahwa kami harus menunggu teman2 dari Indonesia yang ternyata delegasi CIMSA.Mereka datang satu jam setelah kami dengan menggunakan Garuda Indonesia.Udaranya sangat dingin,3 derajat .. Kami merasa sangat kedinginan dan beku...
Akhirnya kami dan rekan2 CIMSA berangkat ke Youth Osaka International Hostel dengan menggunakan bus kira2 pukul 09.30.
Sesampainya di hostel maka kami registrasi,namun kami belum bisa langsung Check in disebabkan,check in baru bisa dilakukan ba’da zuhur kira2 jam 1.
Dan langsung,setelah registrasi ada acara pertama yaitu
NEW COMER SESSION.. dr jam 11.00-12.00
Semua petinggi IFMSA memperkenalkan diri,juga panitia...
Ada sambutan dari Presiden IFMSA(Ahmed Ali), Vice President for Internal Affairs IFMSA(Zuzka), Training Director IFMSA (Louis), SCOME Director 2006-2007 (Maja), RC Asia Pasifik - Bang Farid, para Regional Assistant di Regio Asia Pasifik (Fandi (scoME), July (PE), Ivie (RA), Aamir Abbas dan Kevin (PH), Taketo (RP), serta Yoshiko Kato (IOC Chair) dan Rodger Tsai (IOC Vice Chair).
Lalu stlh acara itu,kami makan siang.Ini makan pertama ku di jepang.Susah sekali mencari makanan yang halal.
Setelah makan siang,dilnjutkan dengan NMO hour,delegasi ISMKI dan CIMSA kumpul didalam satu ruangan.Ternyata banyak juga delegasi dari indonesia.kurang lebih ada 32 orang.Perwakilan ISMKI ada 11 orang.Namun Ari dari Unila baru akan sampai nanti malam,dan Yanti dari Unissula baru akan sampai rabu depan.Jadi sampai NMO yang pertama,baru 9 delegasi ISMKI yang kumpul.
Aku termasuk yg paling tua juga..
Setelah acara NMO,dilanjutkan dengan Workshop
Dan Workshop pertama adalah seminar ttg ”MENTAL HEALTH” oleh dr.Shinfuku..
Tapi aku ngantuk berat…Jadi agak setengah sadar.Mungkin karena Jet Lag.
Y udah gpp,setelah itu,kami dibagi klmpk2 kecil dan berdiskusi tentang masalah mental yang paling mendasar di tiap negara peserta,dan yang paling banyak dan hampir ada di setiap negara adalah tentang depresi.lalu dipilih satu kelompok untuk mempresentasikannya..
Banyak rekan2 dr indonesia sbg prsentator..
Setelah workshop,maka diadakan opening ceremony,stgh jam stlh workshop.
Malamnya diadakan pesta diluar hotel.
Kami pergi dengan menggunakan bis.Perjalanan memakan waktu kurang lebih setengah jam.Tempatnya di kafe yg gitu deh.
Sesak banget,dan standing party.Trus,yg halalnya cuma kentang dan orange juice aja.
Akhirnya kami pulang jam 10.30 malam.
Dan shalat dulu sblm tidur.
Lalu Tidur...

19 Maret

Bangun pagi aku sgera sholat dan mandi..
Kamar mandi jepang aneh..
Terbuka gitu deh...
Tapi krn g ad orang,aku mandi aja...hi...
Setelah itu,sarapan pagi,dan untuk pagi hari ini ada training dari IFMSA..
Trainernya dari Taiwan,namanya ALEX.
Kebetulan tema yg aku dapet ”PROJECT MANAGEMENT”.Lumayan bagus.
Setelah training,ada lagi NMO hour..Kami kumpul lagi CIMSA ISMKI.
After that,kita makan siang..
Lalu dilanjutkan workshop kedua..
Nah ini lucunya…
Pembicaranya tentang “behaviour and mental health”to..
Ada pembicara seorang dokter..namun sangat2 tidak fasih berbahasa inggris..
Dan hal ini membuat kami bingung untuk mendengarkannya..
Namun pembicara yg wanita,seorang perawat,begitu lihai dengan inggrisnya..
Seperti biasa,kami dibagi dalam kelompok kecil dan diberi kasus,lalu salah satu kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusinya.
Setelah itu kami makan malam…
Dan masuk ke SCO session..
Kebetulan aku masuk ke SCORP,
Biasalah ada sambutan dari bos SCORP asia pasific TAKETO TANAKA
Ada juga presentasi dari tiap negara,tapi hanya CIMSA yg presentasi,aku bingung mau presentasi apa?soalnya ari juga belum datang dan filenya juga g begitu lengkap..jadi aku mendengarkan saja sambil belajar…
Tapi ternyata anak2 CIMSA angkatan muda,05 rata2…
Setelah semua presentasi berjalan,maka ada sambutan lagi dari Regional Coordinator Asia Pasific,Farid dari UI.Kami mendengarkan sejenak..
Setelah sambutan dari Farid,maka sesi SCO untuk hari ini sdh selesai dan aku segera mengumpulkan semua presentasi SCORP dari tiap negara..
Dan setelah itu kami mengadakan pesta di ruang makan hotel saja sampai kira2 jam 11…Pesta hari ini menghadirkan makanan dari tiap negara..
Lumayan juga..
Setelah itu tidur...tidak lupa sholat.

20 Maret

Bangun bangun..
Pagi ini kami akan menghadiri Field work..
Tapi sebelum itu,ada NMO hour dulu.Kali ini kami merencanakan cultural show.
Lalu setelah NMO hour,kami langsung menuju field work
Aku kebagian Occupational Mental Health..
Ternyata kami berangkat ke pabrik lo.. Mitsui chemical..
Disana kami mendapatkan materi tentang polyester.
Lumayan juga dikasi materi yg seharusnya dikasi ke anak Teknik..
Lalu kami diajak keliling pabrik..
Dan ternyata,pabrik ini,adalah satu dari pabrik polyester terbesar di dunia..keren..
Setelah itu kami kembali ke hotel jam 12 dan makan siang..
Setelah makan siang,maka acara dilanjutkan dengan Project Time.
Siang ini kami mendapat training ttg Project time..Kami dibuat kelompok2 kecil dan diberi pekerjaan untuk diselesaikan..dan stlh itu dipresentasikan
Sungguh menyenangkan..
Lalu setelah itu kami mengikuti SCO session yg kedua..
Nah lagi2 kami dibagi kelompok dan mengerjakan project apa yg disebut MDG atau Milennium Development Goals..
Ada 8 tujuan dar MDG.
Aku dapet yg ke empat tentang kematian bayi..
Lalu kami berdiskusi dan baru akan mempresentasikannya besok
Setelah SCO session,maka malamnya kami segera pergi lagi2 untuk pesta keluar hotel.
Tempatnya di kafe lagi.Untuk hari ini,peserta disarankan memakai pakaian khas negaranya.Acara berlangsung sampai jam 10.30 malam.
Lalu stlh itu,kami pulang kembali ke HOSTEL.
Malam ini kami mesti latihan nari buat cultural show sampai jam stgh 3 pagi..
Dan langsung tidur…

21 maret
Bangun pagi,capek bgt,soalnya kami mesti latihan nari,malam sblmnya,terutama aku,jali2 dengan anak2 cimsa,ampe jam stgh 3 malem...

bangun..
hari ini kami harus check out sblm jam stgh 8 pagi,karena cuman sampe segitu aja jatah kami..
trus semua pada sibuk deh ngurusin kopernya..

Setelah itu,biasa...sarapan pagi...
Lalu stlh itu kami melakukan Field work,khususnya aku melanjutkan occupational mental health,dari jam 9 ampe jam 3 sore....
Diskusi,diskusi dan diskusi..juga presentasi dan pemutaran film
dan abis itu kita foto2 deh..

lalu jam 3 sore dilanjutin ama SCO sessions...
ini sesi terakhir dan kami melakukan diskusi dan presentasi..
tentang MDG..
khususnya diterakhir ini,aku gabung ama anak2 cimsa buat nentuin program NMO tiap negara,he..he.. topik yg aku pegang buat presentasi mereka pilih untuk SCORP indonesia...
tapi aku suruh mereka aja yg presentasi...he..he..
yaitu tentang angka kematian bayi..

setelah sesi SCORP,kami NMO hours,dan menentukan tarian serta suguhan apa yg akan diberikan..
Setelah itu,kami mengikuti acara penutupan dan cultural show..
dan hiks2..
meskipun kita berhasil,tapi menurutku,indonesia yg plg sederhana dr penampilan cultural show..
tp gpp..
stelah itu rombongan ismki yg menuju hiroshima,ali,burhan,yanti,reta,juga opi berangkat dan pamitan ama semua juga dengan cimsa..
kami meniggalkan hotel jam 9.40...
setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke hiroshima..
kurang lebih 5 jam..
dan nyampe di hiroshima kira2 jm 3 pagi..

22 maret..

POST TOUR APRM 2007
HIROSHIMA SUMMER SCHOOL..

Kami bangun pagi2..
jam 7-8 adalah waktu sarapan pagi..
kami diberitahukan tadi malam bahwa harus kebawah..
ternyata panitia mengantar makanannya ke kamar..
y sudah

jam 9 kami berangkat dari HOTEL SUNROUTE HIROSHIMA..
menuju ke museum hiroshima..
hanya dengan berjalan kaki 5 menit dari hotel,langsung sampai disana.
Didalamnya kami melihat-lihat sejarah hiroshima dan membeli suvenir.
Setelah itu,jam 11 kami keluar dari museum menuju monumen peringatan hiroshima.
Kami dipandu oleh seorang guide,dan kami berjalan mengelilingi daerah disekitar museum hiroshima.
Tidak lupa foto2..
jalan2 lumayan jauh jg..
banyak tempat kami kunjungi..
diantaranya dome yang merupakan bangunan yang masih dilestarikan karena bentuk bencana hiroshima masih dipertahankan,hypocenter yang merupakan titik sentral ledakan bom hiroshima,monumen sadako yang merupakan salah satu legenda yang ada di hiroshima yang menceritakan tentang origami.Juga bel perdamaian.
setelah itu semua kami menyempatkan diri berbelanha ditoko suvenir.
Lalu stlh dari toko suvenir,kami ke sebuah gedung yang tidak jauh dari sana.
Sesampainya digedung,kami diberi makan siang.Lalu kami makan.
Stelah makan,ada sesi ceramah yang diisi oleh dr.Kenjiro,salah seorang saksi hidup bom atom hiroshima dan juga saksi hidup lainnya yaitu warga penduduk biasa
setelah itu kami berdiskusi tentang bagaimana pahitnya kejadian tersebut.
Sebelum berdiskusi,kami mencoba merenungkan bila kami berada di hiroshima pada 6 agustus 1945 dan pada pukul 8.15 pagi.
Diskusi berlangsung sampai jam 6 sore..
acara selesai..
lalu kami jalan2 ke toko2 di hiroshima,tepatnya di hondori.
sampe jam 8,kami akhirnya makan di restoran buffet RION,tak jauh dari hondori.
Makanannya enak.Kami juga berbincang dengan rekan dari lain negara.
setelah itu kami pulang jam 10 an ke hotel dan tidur...

23 maret..

Ayo bangun...
Kami meninggalkan hotel pukul 9.30
pagi ini kami mendapat lecture dari seorang dokter yg sangat hebat..
namanya dr.Kodama,bagus sekali pemaparan beliau tentang pengaruh bom atom terhadap kesehatan..
setelah selesai zuhur,kami berbelanja sembari menunggu waktu untuk berangkat ke osaka lagi jam 3 sore..
jam 3 sore kami berangkat dari hiroshima menuju osaka memakai bis.
akhirnya kami sampai di nanba station jam 8 malam..
kami segera menuju youth hostel..
sebelumnya kami mampir supermarket dulu..
besok jam 8 pagi kami berangkat dr hotel menuju KANSAI AIRPORT..
jadi sekarang mau tidur..capek

24 maret

Hari ini 24 maret kami akan meninggalkan jepang..
Pukul 08.30 kami meninggalkan youth hostel osaka menuju kansai airport..
menggunakan MRT..
Sesampainya di Kansai Airport kurang lebih 09.30..
lalu,karena flight kita 11.30 kita langsung boarding..
dan ngantri nya panjang...
akhirnya setelah selesai boarding kami membeli suvenir shop dahulu dan akhirnya kami masuk pesawat dan lepas landas kurang lebih 11.40
dan kami transit di malaysia kuala lumpur untuk ganti pesawat..
pada saat menulis email ini,kami sedang didalam mushola,menggunakan Wi Fi,di kuala lumpur airport..
Jam 20.35 kami akan berlepas pulang ke tanah air..
teman kami yanti tdk ikut ke jakarta krn dia berkunjung dahulu ke malaysia..
sedngkan opi??? g tau dimana di skrg..mungkin sudah di osaka..
terima kasih kepada semua pihak yg telah membantu kami selama ini...
dan pihak yg telah memberi kesempatan pada kami untuk berangkat ke jepang menghadiri aprm 2007..
tak lupa kepada orang tua kami..terima kasih ayah dan bunda..