Welcome to my blog

Sabtu, 18 Oktober 2008

international training workshop on disaster risk and environmental management, WYF, Malaysia


international training workshop on disaster risk and environmental management, WYF, Malaysia
LPJ Kegiatan di Malaysia

Halo, pa kabar semua.. setelah mengikuti kegiatan International Training Workshop on Disaster Risk & Environmental Management 9th – 12th July 2008 Malacca Straits Hotel, Melaka, Malaysia, ini kami laporkan semua kegiatan n manfaatnya buat ISMKIers semua, so, baca yah.. kasihanilah aq karena dah buat ni panjang-panjang di sela waktu koas ku di anak, hehe

Nah kegiatannya berlangsung selama 4 days, dengan kegiatan yang seru-seru.

Yang ikut acara ini ada 17 negara di dunia, dan unfortunately aq sekamar sama orang syiria (pria aneh, 26 tahun, anehnya akan diceritain kemuadian, hehe). Beragam banget umur peserta yang ikut dari yang paling muda (15, 16 tahun dari Bangladesh n Indonesia (Si Iman, asal Padang yang kocak n pinter abis)), ampe yang tuir sekitar 60 tahun lah, volunteer NGO di Malaysia, yang orangnya pande bahasa Indonesia, pernah tinggal di Bandung, yang menyebut dirinya Pak Pieter)

Hari I
Delegasi ISMKI yang pergi 2 orang, yang duaa-duanya dari USU, yaitu aq Zukhrofi Muzar dan Ahmad Handayani (Abiis ISMKIers yang laen ga ada yang daftar siih). Kita Cuma bayar tiket pesawat PP, sisanya semua dibiayai panitia (wuiih enak banget).
Nyampe di Malaysia, kami dijemput ma panitia di KLCC jam 11 pagi, bersama kami ada delegasi dari Srilangka, Philippine, dan satu lagi si kecil dari Indonesia (Iman, 16 tahun, padang). Lalu kami berangkat langsung ke Melaka. Nah, kasus nya, Sebelum Si Iman, delegasi dari Padang, Indonesia ketemu dengan panitia di KLCC, Dia ngeliat Si Mehlm (dari Syiria) pusing nyari panitia di KLCC, tapi sayangnya pas kami dah ngumpul dengan panitia di KLCC, dia ga tahu lagi posisi si Mehlm (Ini disadari si Iman, di perjalanan ke Melaka), akhirnya karena ga ketemu Si Mehlm di KLCC, akhirnya kami meninggalkan Dia, hehe. (cerita Mehlm berlanjut nanti….)
Kami nyampe di Melaka jam 1 an..langsung ke Melacca straits hotel, hotel boutique terkenal di Melaka. Lalu dikasi kunci kamar, dan disana dikasi tahu resepsionisnya, bahwa temen sekamar ku dari Syiria, (Bah!!!Mehlm). Lalu kami menjumpai chief nya yang buat acara ini, Ms Varsha, cerita-cerita sebentar. Saat itu aq terkesan banget dengan keramahan dan terkesan, orangnya tangguh banget, hehe. Abis itu briefing, oleh Mr. Ravindran Raman Kutty (communication consultant, northport (Malaysia).
Sorenya kami langsung field study mengelilingi river cruise, mengobservasi daerah pinggir sungai yang perlu manajemen lingkungan, khususnya akibat banjir. Di boat aq, tour guide nya keren banget, bahasa inggris nya lancar banget (katanya dia ga kuliah, tapi dapat itu hanya dari pergaulan di Malaysia). Dia menjelaskan seluruh sejarah khususnya di aliran sungai Melaka. Wah wah aq terkesima banget, katanya dia dah menjalankan profesi itu selama 40 tahun!!,n dia mengakhiri guide nya keliling sungai Melaka dengan menyampaikan hal-hal yang menarik dari Melaka, termasuk tentang medical tourism, juga dia ucapkan “sampai jumpa lagi” hampir dalam 200 bahasa,hehe unik banget. Sslesai keliling sungai, kami balik ke hotel, dan malamnya dinner n istirahat…

Hari II

Jam stengah 9, acara dimulai. Kami ikut sesi I, yaitu Introduction of Participants and Expectations. Semua digilirin satu-satu untuk memperkenalkan diri, asal, dan harapan dari mengikuti kegiatan. Fasilitator waktu itu yaitu DR K Iftekhar Ahmed, dosen Univ. Melbourne, focusnya mengenai disaster management. Asli keren lah…
Lalu setelah semua saling mengenal, n tahu harapannya masing-masing, DR K If.tekhar memberikan materi mengenai konsep dan istilah-istilah yang harus dipahami dalam penanggulagan bencana. Materi ini menjadi dasar untuk mengerti dan memahami manajemen bencana dan lingkungan. Materi ini diakhiri dengan film dokumenter. Acara dilanjutkan dengan Group Exercise. Disana participants bekerja di grup untuk menganalisis dan membuat prioritas dalam mitigasi bencana.
Sekitar jam 12, dilanjutkan materi kerangka penilaian resiko bencana. Juga dipaparkan pendekatan-pendekatan dalam manajemen resiko bencana. Bentuknya berupa studi kasus dan presentasi hasil studi. Lalu lunch……..Nah ada lunch talk tentang media and the environment. Keren bannget Mr. Karam Singh Walia (Assignment editor (environment), news and current affairs division TV3 Malaysia). Dia benar-benaar sangat menggugah kami semua untuk peduli terhadap lingkungan.
Sekitar jam3 an, kita ditugaskan untuk ke sungai lagi, untuk melaksanakan praktek manajemen resiko banjir, tapi kelompok kami ga pergi ke sungai karena jauh n udah pada lelah… hehe. Lalu dilanjutkan dengan materi lanjutan mengenai konsep penanganan bencana, yang juga disertai dengan film documenter.

Hari III

Nah, biasa deh jam 7 pagi udah breakfast, dilanjutkan jam 8.30 ampe jam 10 ada debate mengenai Green Growth Framework. Claire O’ Boyle menjadi fasilitatornya. Disini dibahas juga tentang climate change, dan studi kasus. Jam 10, dilanjutkan dengan lagi-lagi work in group, membahas apa strategi2 yang dapat dilakukan oleh kami dalam konteks local, dalam menangani masalah bencana dan lingkungan. Lalu abis itu lunch and grup exercise lagi, (capek banget) tentang to develop practical projects on disaster risk management and environmental management that can be implemented in specific countries and/or regions. Nah tapi… hehe, mau jujur neh, yang dari Indonesia gak ada yang ikut sesi ini, ada yang capek, tiddur, jalan2 keliling Melaka, dan aktivitas laen2 lah untuk menghilangkan kejenuhan forum, hehe. Pulang ke hotel jam 5 dan abis tu langsung istirahat di kamar, sambil berinternet ria, hehe. Wah wah, kami harus bergegas siap2 untuk closing dinner.
Welcome dinner nya keren banget. Ada banyak banget tamu2 penting Malaysia. penampilan tarian2 Malaysia, juga acara dihebohkan dengan kedatangan Miss Asia World 2008, yang sekaligus campaign (tapi ga banyak yang serius dengernya, biasa aja sih..), abis tu foto2 narsis semua peserta..


Hari 4
Wah di hari ke 4, kita presentasi project proposal. Penilai proposal nya kritis abis, tapi alhamdulillah proposal yang dari tim Indonesia di puji abis ma tim penilai n peserta pada ngacungin jempol…seneng banget karena udah capek berdebat n ngerjainnya dari jam 2 ampe 4 stengah malam.. abis presentasi, acara berakhir, evaluasi, n pembagian sertifkat, abis tu kami pulang deh ke negara masing2…

Pokoknya acara nya seru abis, nambah pengalaman, nambah wawasan dan tentunya teman dari banyak Negara…




Ophey
Zukhrofi Muzar

1 komentar:

Armen mengatakan...

Laporannya cukup bagus. Akan lebih bagus lagi jika dilengkapi dengan makalah2 yang dibahas, photo2 kegiatan, dll.
Keep up good work...